Senin, 30 November 2015

TULISAN - PENGEMIS



PENGEMIS

Pengemis adalah orang-orang yang kerjanya suka minta-minta kepada orang lain guna memenuhi kebutuhannya. Saya membagi 3 (tiga) kelompok pengemis, antara lain :
1. Mengemis karena tak mampu bekerja
Pada kategori ini dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kelainan fisik pada anggota tubuhnya. Misalnya tak mampu bekerja karena tidak memiliki tangan, kaki, lumpuh, buta dll. Jadi para dermawan memang harus terpanggil untuk menyantuninya, sisihkanlah harta untuk mereka, karena menyantuni mereka insya Allah mendapat pahala yang besar.
2. Mengemis karena malas bekerja
Pengemis karena malas bekerja inilah yang menyebabkan jumlah pegemis di Indonesia sangat banyak. Pengemis pada kategori ini, orangnya mempunyai anggota tubuh yang sangat lengkap namun dihinggapi penyakit malas. Pengemis semacam inilah yang harus diberantas oleh pemerintah. Seperti kasus pengemis di Jakarta berasal dari daerah yang sebenarnya kehidupannya di daerah cukup lumayan, memiliki tempat tinggal yang baik. Tetapi ada juga yang memang tidak memiliki apa-apa. Namun sebenarnya mengemis adalah sangat tidak pantas dilakukan oleh orang-orang yang lengkap anggota tubuhnya, karena kan bisa bekerja.
Bagi dermawan yang selalu menyantuni pengemis semacam ini sama dengan membiarkan mereka bermalas-malasan, tidak mau bekerja untuk mencari nafkah.
3. Mengemis karena menginginkan jabatan.
Pengemis semacam inilah yang merusak/ menghambat pembangunan di Indonesia. Mereka yang tergolong pada kelompok ini mengemis pada atasannya dengan berbagai cara untuk memperoleh job/ jabatan. Ada yang selalu bersilaturrahmi ke rumah atasannya, ada yang selalu memberikan hadiah kepada atasannya, ada juga yang gila hormat kepada atasannya ( menunggu atasan di depan pintu untuk dijemput dan hormat-hormat sambil membungkukkan tubuhnya kemudian mengikutinya dari belakang dengan harapan disapa.
SUMBER:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar