SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
Sumber Daya Konsumen yaitu beberapa
orang yang menjadi pembeli atau pelanggan yang membutuhkan barang atau jasa
untuk mereka gunakan atau konsumsi sebagai kebutuhan hidupnya.
Dalam hal sumber daya terdapat 3
macam, yaitu sumber daya ekonomi, sumber daya sementara dan sumber daya
kognitif
1. Sumber Daya Ekonomi Potensi
sumber daya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi
ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu
sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumber daya alam (natural
resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat
memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar
pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara
struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain. Misalnya, penggunaan
energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk angin, akan
dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumberdaya alam yang tidak
dapat diperbarui. Dari sumber-sumber daya alam ada yang dapat diperbaharui dan
tidak dapat diperbaharui. sumberdaya alam yang potensial untuk diperbarui
(potentially renewable resources). Kategori sumberdaya alam ini tergolong
sumberdaya alam yang bisa habis dalam jangka pendek jika digunakan dan dicemari
secara cepat, namun demikian lambat laun akan dapat diganti melalui proses
alamiah misalnya ; pohon-pohon di hutan, rumput di padang rumput, deposit air
tanah, udara segar dan lain-lain Sumberdaya alam ini keberadaannya harus
dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam kerangka untuk mendorong, mempercepat dan
menunjang proses pembangunan wilayah (daerah). Selain itu, sumber daya alam
yang tidak dapat diperbarui (non-renewable or exhaustible resources). Jenis
sumberdaya ini pada dasarnya meliputi sumber daya alam yang mensupply energi
seperti minyak, gas alam, uranium, batubara serta mineral yang non energi
seperti misalnya : tembaga, nikel,aluminium,dll.Sumberdaya alam jenis ini
adalah sumberdaya alam dalam jumlah yang tetap berupa deposit mineral (mineral
deposits) diberbagai tempat dimuka bumi. Sumberdaya alam jenis ini bisa habis
baik karena sifatnya yang tidak bisa diganti oleh proses alam maupun karena
proses penggantian alamiahnya berjalan lebih lamban dari jumlah pemanfaatannya.
2. Sumber Daya Sementara
Terdapat 2 macam sumber daya sementara, yaitu : a.Barang
yang Menggunakan Waktu Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala
mengkonsumsinya. Contoh: Menonton TV, Memancing, Golf, Tennis (waktu Senggang)
Tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib). b.Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa
mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
3. Sumber Daya Kognitif
adalah kepemimpinan teori psikologi industri dan organisasi
yang dikembangkan oleh Fred Fiedler dan Joe Garcia pada tahun 1987 sebagai
konseptualisasi dari model kontingensi Fiedler . Teori ini berfokus pada
pengaruh pemimpin intelijen dan pengalaman tentang nya atau reaksinya terhadap stres
. Inti dari teori ini adalah bahwa stres adalah musuh rasionalitas, merusak
kemampuan pemimpin untuk berpikir logis dan analitis. Namun, pengalaman
pemimpin dan kecerdasan dapat mengurangi pengaruh stres pada (atau dia) nya
tindakan: kecerdasan adalah faktor utama dalam situasi stres rendah, sementara
jumlah pengalaman selama lebih selama-saat stres.
KANDUNGAN PENGETAHUAN
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki
konsumen mengenai berbagai macam produk serta pengetahuan lainnya yang terkait
dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Pengetahuan
Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu: 1. Pengetahuan Produk Merupakan kumpulan
berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi katagori
produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga produkdan
kepercayaan mengenai produk. Jenis Pengetahuan Produk: a. Pengetahuan tentang
karakteristik atau atribut produk b. Pengetahuan tentang manfaat produk c.
Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen 2. Pengetahuan
Pembelian Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi
produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko
tersebut. Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya
untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko
tersebut. Perilaku Membeli: Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet,
pergi ke outlet dan memasuki outlet. Product Contact: Konsumen akan mencari
lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir. Transaction
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet
atau alat pembayaran lainnya. 3. Pengetahuan Pemakaian Suatu produk akan
memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau
dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan
kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi
produk tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang
cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan
pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.
SUMBER:
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar