Minggu, 24 November 2013

BAB IX MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



BAB IX
MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

1.      TANGGUNG JAWAB
Pengertian
Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Sedangkan bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung , memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Sumber: Buku Ilmu Budaya Dasar
Macam-macam tanggung jawab:
a.       Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurut sifat dasar manusia adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi.
Sumber: Buku Ilmu Budaya Dasar
Contoh:
Sinta lupa mengerjakan PR matematika karena pada malam harinya sudah tertidur pulas. Sehingga pada pagi harinya ketika disekolah, sinta pun dihukum oleh guru dan tidak boleh masuk kelas mengikuti pelajaran. Konsekwensi tersebut merupakan tanggung jawab diri sendiri.


b.      Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu, dan anak-anak dan juag orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga.
Sumber: Buku Ilmu Budaya Dasar
Contoh:
Seorang ayah mempunyai 5 orang anak dan istri nya sudah meninggal karena mengalami penyakit. Maka seorang ayah bertanggung jawab terhadap keluarga untuk mengurus, merawat, menafkahi lima orang anak.

c.       Tanggung jawab terhadap masyarakat
Manusia sebagai mahluk sosial karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut.
Sumber: Buku Ilmu Budaya Dasar
Contoh:
Litha tinggal dirumah daerah banjir sehingga untuk mencegah adanya banjir Litha harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tidak membuang sampah sembarangan, menanam pohon dan merawatnya. Itu adalah bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat.






Cerita tanggung jawab dirumah
Dirumah saya bertanggung jawab untuk membersihkan rumah, merapikan rumah, dan menjaga adik saya.


Cerita tanggung jawab dikampus
Saya bertanggung jawab untuk belajar, sebagai mahasiswa yang menaati tata tertib kampus, sebagai mahasiswa yang mengikuti mata kuliah.

2.      PENGABDIAN DAN PENGORBANAN

I.                   PENGABDIAN
Pengertian
Pengabdian sesuai profesi adalah pengabdian warga negara yang mempunyai profesi tertentu untuk kepentingan pertahanan negara termasuk dalam menanggulangi dan/atau memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh perang, bencana alam, atau bencana lain.
Pengabdian adalah Perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
Sumber: Buku Ilmu Budaya Dasar



Macam-macam pengabdian:
1.      Pengabdian orangtua terhadap anak
Seorang ayah dan ibu memiliki 5 orang anak, dan untuk menafkahi kehidupan anak-anaknya. Seorang ayah bekerja menjadi karyawan disebuah kantor namun karena kurang untuk memenuhi kehidupan anak-anaknya maka istrinya bekerja juga sebagai sekertaris disebuah kantor yang berbeda.
2.      Pengabdian manusia kepada Agama
Seorang Pastur menyerahkan dirinya dan hidupnya untuk melayani Tuhan diladangNya dan tidak menikah seumur hidupnya. Pastur mengorbankan dirinya karena panggilan Tuhan dan sesuai keinginan hati nurani untuk bekerja di pelayanan Tuhan.
3.      Pengabdian Negara terhadap bangsa
Para pahlawan membela Negara berjuang untuk bangsa, para pejuang dengan gagah berani rela berkorban rela mati untuk bangsanya.



II.                PENGORBANAN
Pengertian
Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaikan. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.
Sumber: Buku Ilmu Budaya Dasar





Macam-macam pengorbanan:
1.      Pengorbanan harta benda
Orangtua rela mengorbankan harta bendanya yang dimiliki untuk digunakan untuk kebutuhan anak-anaknya pada masa sekarang dan masa depan.
2.      Pengorbanan pikiran
Seorang guru mengorbankan pikirannya demi murid-muridnya, rela untuk berbagi pikiran-pikiran positif dan pikiran-pikiran mengenai pengetahuan kepada anak didiknya yang diajar.
3.      Pengorbanan perasaan
Rela mengorbankan perasaan misalnya seorang laki-laki mengorbankan perasaannya demi orang yang dicintainya. Karena hubungannya mereka tidak direstui oleh orangtua dari perempuannya.
4.      Pengorbanan jiwa
Seorang ibu Rela mengorbankan jiwanya kesakitan menderita selama 9bulan bahkan
lebih demi seorang anak yang dikandungnya

Akibat pengorbanan
Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Apabila ada pengabdian tentu
saja pasti ada yang harus dikorbankan, dan selalu saling berhubungan antara kedua kaitan ini. Pengabdian menunjukkan kepada perbuatan sedangkan pengorbanan menunjukkan kepada pemberian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar